PUNYA ASMA? COBA IKUTI TERAPI INI DAN LIAT HASILNYA!

Asma merupakan penyakit kronis pada saluran pernafasan dan bisa membuat sesak nafas secara berlebih. Saat asma ini kambuh pada seseorang pasti akan merasa sesask di dada dan diserta dengan batuk. Penyebab asma bisa dikarenakan karena asap karbon monoksida, stress infeksi pernafasan dan obat-obatan tertentu. Kebanyakan dari penderita asma pasti ketergantungan dengan obat terutama inhaler, dengan inhaler bisa menjadi penolongan pertama ketika asma sedang kambuh.

Penderita asma oun selalu mengonsmsi obat yang dimana jika terus-terusan dikonsumsi, efeknya ga baik untuk kesehatan. Nah mau tau ga terapi apa saja yang bisa dilakukan untuk kamu yang punya asma? selain gratis beberapa diantaranya pun ada yang ampuh loh. Simak dulu yu!

1.Jangan malas untuk bangun pagi

sangat disayangkan kalau kamu mengabaikan matahari di pagi hari. Karena sinar matahari mengandung vitamin D yang baik bagi sistem kekebalan tubuh termasuk penderita asma.

Udara segar dipagi hari pun dipercaya baik untuk kesehatan paru-paru kamu. Terapi seperti ini ga susah kok untuk di lakukan, yang terpenting kamu harus rajin untuk bangun pagi, berjemur dan menghirup udara segar.

Jangan sampai terlewatkan yaa kalau engga kamu bakal nyesel.

2.Bersihkan lingkungan rumah

Seseorang yang memiliki penderita asma sangat rentang kambuh apabila bertemu dengan debu. Karena itulah, kamu harus rajin membersihkan lingkungan sekitar, setidaknya kamarmu yang menjadi tempat persinggahan dan mungkin ruangan kantor?

Barang-barang yang bisa memicu debu pun harus sering dibersihkan misalkan karpet, atau meja rias. Dan ganti sarung bantal dan sprei minimal seminggu sekali untuk meminimalisir debu dan kotoran yang menempel.

Sebaiknya kalau kamu pake Kasur atau spring bed carilah yang sudah lengkap dengan bantal berbahan dracon, karena bahan tersebut dipercaya baik untuk penderita asma.

Selain itu juga jangan menggunakan pembersih yang berbahan kreolin atau karbol karena aromanya yang kuat dapat memic serangan serangan asma.

3.Kunjungi tempat dengan udara bersih

Mungkin setiap hari kamu harus di hadapkan dengan polusi yang sangat banyak di jalanan sehingga kamu susah untuk mendapatkan udara segar.

Nah kamu bisa nih bikin jadwal sesekali untuk bisa e tempat yang sejuk, adem dan udara yang bersih untuk menguras saluran pernafasan mu.

Biasanya tempat seperti ini akan jauh dari luar kota, namun ga ada salahnya juga kan itung-itung refreshing di hari libur.

Pasalnya menurut pakar bidang pernafasan, salah satu upaya untuk menyembuhan gejala asma dengan menghirup udara yang segar.

Udara yang paling baik itu ya disekitar pantai, karena udara tersebut jauh dari kendaraan-kendaraan yang membuat polusi.

Udara di pegunungan juga bersih, sayangnya cuara yang dingin malah bisa memicu serangan asma. Kalau pergi ke pantai merasa jauh, kamu bisa datang ke taman-taman kota pokonya yang banyak pohon-pohon rindang deh.

4.Gunakan masker saat berpergian

 Penyakit asma merupakan penyakit yang banyak pantangannya. Salah satunya adalah si penderita sangat rentan terhadap polusi.

Tapi dengan seringkan kamu terkena polusi bukan berati kamu harus diam di rumah secara terus-menerus. Kamu hanya harus menghindari paparan asap dan polusi.

Setidaknya gunakan masker agar meminimalisir menghirup udara yang kotor, dengan begitu akan mengurangi resiko terserang asma.

Tapi kamu pun harus bisa memperhatikan penggunaan masker yang benar, kalau bisa pakailah masker beda yang hanya sekali pakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *