Rational Use of Medicine (RUM) waktu ini tengah gencar diperbincangkan baik di social media maupun di seminar-seminar edukasi orang tua. Beragam profesi kesehatan maupun orang awam yang kadang bermain judi dan melakukan sbobet login untuk bermain maka hal ini bisa kalian pertimbangkan. Didalam perihal ini pasien yang jadi kastemer medis, turut angkat bicara. Pelayanan obat secara rasional lantas ditilik berasal dari sudut pandang yang berbeda.

Pemilihan Obat

Pemilihan Obat Secara Benar Dan Sesuai Anjuran

Pilihan obat esensial manapun kudu mempertimbangkan relevansi pada kesehatan publik, bukti klinis kemanjuran dan keamanan terbaik yang ada dan juga peninjauan efektifitas komparatif berasal dari faktor harga. Prosesnya kudu transparan and kudu mempertimbangkan perspektif pasien, profesional kesehatan and lembaga nasional.

Ikuti link di bawah untuk informasi lebih rinci perihal Expert Comitte on the Selection and Use of Essential Medicines, Essential Medicines Lists dan WHO Model Formulary:

Penggunaan obat yang rasional

Penggunaan obat yang tidak rasional adalah kasus besar di semua dunia. WHO memperkirakan bahwa lebih berasal dari 1/2 berasal dari semua obat yang diresepkan, dibagikan atau dijual secara tidak tepat, dan bahwa 1/2 berasal dari semua pasien tidak konsumsi obat bersama dengan benar. Penggunaan obat secara berlebihan, tidak cukup atau tidak tepat menghasilkan pemborosan sumber energi yang scarce dan bahaya kesehatan yang tersebar luas.

Contoh pemakaian obat secara tidak rasional mencakup: pemakaian benar-benar banyak obat per pasien (‘poli farmasi’); pemakaian antimikroba yang tidak tepat, seringkali bersama dengan dosis yang tidak cukup, untuk infeksi non-bakteri; pemakaian berlebihan suntikan disaat formulasi oral dapat lebih tepat; tidak meresepkan cocok bersama dengan petunjuk klinis; pengobatan sendiri yang tidak tepat, seringkali untuk obat yang hanya bisa dibeli bersama dengan resep dokter; tidak patuh pada batasan dosis.

Definisi RUM

Dalam bhs Indonesia, RUM dikenal bersama dengan makna Penggunaan Obat Yang Rasional. Istilah Penggunaan Obat Yang Rasional sendiri didalam bhs Inggris juga sering disebut Rational Use of Drug (RUD). Sehingga RUD atau RUM sebetulnya punya arti yang sama.

Obat-obatan esensial adalah obat-obatan yang memenuhi prioritas kebutuhan perawatan kesehatan populasi. Pengalaman memperlihatkan bahwa pemilihan hati-hati pada kisaran obat esensial yang terbatas menghasilkan kualitas perawatan yang lebih tinggi, manajemen obat yang lebih baik, juga peningkatan kualitas obat yang diresepkan dan pemakaian sumber energi kesehatan yang lebih efektif berasal dari faktor harga.