BUAH KESEMEK PUNYA MANFAAT UNTUK KESEHATAN?

Buah yang satu ini sudah sangat terkenal manfaatnya di wilayah Tiongkok. Salah satu manfaat yang paling terkenalnya yaitu untuk kesehatan mata, tapi tak hanya untuk kesehatan mata saja, tapi banyak sekali manfaat yang bsia diperoleh dari mengonsumsi buah ini.

Untuk yang belum tau bagaiman cara menyantap buah ini , ada baiknya untuk mengolesi garamnya terlebih dahulu, hal ini tujukan untuk mengurangi rasa sepat dari baru kesemek. Buah kesemek ini memang sangat jarang di konsumsi oleh orang Indonesia pasalnya sangat jarang bisa ditemukan kecuali di daerah Sumatera Utara. Walaupun sebenarnya di Jawa Barat pun ada, namun buah ini mungkin akan terasa asing untuk sebagian orang.

Lalu apa saja sih manfaat dari buah ini?

1.Menjaga Kesehatan Hati

Buah ini mengandung banyak antioksidan dan mengandung vitamin A yang tinggi. Antioksidan tersebut akan berguna untuk menangkal radikal bebas yang bisa membahayakan tubuh. Radikal bebas bisa disebut dengan racun, nah racun inilah yang harus disaring oleh hati. Makanya dengan mengonsumsi buah ini akan membantu agar hati bisa mendetoksifikasi racun di dalam tubuh.

2.Baik Bagi Kesahatan Mata

Buah kesemek ini sama seperti wortel dimana warna orange yang dihasilkan ini mengandung banyak vitamin A yang bisa berfungsi untuk menjaga kesehatan mata.

3.Mencegah Penuaan Dini

Nutrisi yang terdapat pada buah kesemek ini akan membantu kamu dalam mengurani stress, lelah, keriput serta penuaan dini. Nutrisi yang terkandung di dalamnya yaitu berupa lutein dan karoten, nutrisi ini pun bisa bekerja sebagai antioksidan juga.

4.Mencegah Risiko Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi akan membantu mencegah radikal bebas yang masuk ke tubuh karena akan beresiko menyebabkan kanker. Dengan memperkuat tubuh dengan asupan vitamin A dan C, maka resiko penyebab kanker akan jauh lebih kecil

5.Meningkatakan Metabolisme Tubuh

Tidak hanya kandungan vitamin A dan vitamin C nya saja, namun buah kesemek juga ternyata mengandung vitamin B berupa asal folat dan tiamin. Kandungan vitamin itu akan meningkatkan metabolisme tubuh.

6.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan-kandungan vitamin akan meningkatkan sekaligus menjaga sistem kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit. Lalu manfaat dari vitamin C lainnya juga akan merangsang produksi sel darah putih yang berguna untuk melawan infeksi dan sangat diperlukan untuk tubuh.

7.Menurunkan Berat badan

Buah kesemek memiliki kalori yang rendah, maka dari itu buah ini cocok banget buat kamu yang sedang menjalankan diet. Selain rendah kalori, buah ini pun memiliki serat yang membuat rasa kenyang lebih lama dan bisa menekan keingingan untuk makan ketika sedang lapar.

8.Menurunkan Tekanan Darah

Buah kesemek memiliki kandungan asam tanat atau tanin yang berfungsi untuk menurunkan kadar tekanan dalam darah. Kalau kamu punya tekanan darah tinggi, diharapkan hati-hati karena ini bisa menjadi faktor yang menyebabkan serangan jantung dan stroke.

9.Mencegah Kadar Kolesterol tinggi

Kolesterol yang menumpuk arteri bisa saja menyebabkan serangan jantung dan stroke, dengan kamu sering mengonsumsi buah kesemek akan cukup untuk menurunkan kadar kolesterol di tubuh.

10.Mengurangi peradangan

Asam tanat atau tanin yang terkandung dalam kesemek bukan hanya berfungsi sebagai penurun kadar tekanan darah saa, namun bisa meredakan peradangan dan akan bereaksi jika tubuh terpapar zat yang berbahaya. Karena jika peradangn sudah kronis dan parah bisa menyebabkan kanker dan jantung.

Itulah 10 manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika sering mengonsmumsi buah kesemek. Belum pernah mencoba? Cobain sekarang yukkk dan liat khasiatnya

PUNYA ASMA? COBA IKUTI TERAPI INI DAN LIAT HASILNYA! (Part 2)

Walaupun penyakit asma ini bisa disembuhkan dengan obat, namun apa salahnya jika kamu mencoba bebeapa terapi ini. Selain gratis bisa disa dilakukan semua orang, terapi inipun mudah untuk di lakukan.

Tapi ada baiknya jika kamu mempunyai penyakit asma yang sudah kronis, segara temui dokter. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan resep obat yang sesuai. Sebelum menjadi penyakit asma yang kronis, kamu bisa mencoba dengan terapi kecil-kecilan dulu. Coba terapi yang di part 1 sudah kamu lakukan belum? Kalau sudah lanjutan di part 2 ini ya.

1.Perbanyak minum air putih

Ketika asma menyerang akan mengakibatkan dehidrasi yang parah karena adanya penyempitan saluran pernafasan. Ga ada salahnya kamu selalu membawa air putih untuk berjaga-jaga untuk menghindari hal-hal yang ga di inginkan. Dengan kamu rajin minum air putih puth akan membantu dalam meredakan asma, karena air putih mengandung oksigen yang baik untuk tubuh dan sehat untuk pari-paru. Selain itu dengan banyak minum air putih akan melanacarkan perapasanmu.

2.Meditasi

Mungkin hal ini sangat jarang di lakukan, padahal banyak sekali loh manfaatnya salah satunya adalah bisa melatih paru-paru agar melatih paru-paru untung menampung kapasitas yang normal. Ketika kita bernafas, otmotasi tingkat karbondioksida yang ada di tubuh akan meningkat. Hal ini akan memicu penyerang asma yang kuat.

Meditasi bisa dilakukan dengan cara berbaring ataupun duduk. Lalu mulailah untuk mengambil nafas secara pelan lewat hitung dan hembuskan perlahan lewat mulut. Lakukan ini dengan konsentrasi yang penuh ya.

3.Hindari memelihara hewan berbulu

Penderita asma sangat sensitif terhadap pernafasan, makanya mereka harus berhati-hati jika memiliki hewan peliharaan terutama yang berbulu. Hewan berbulu pun rentan untuk rontok sehingga aka nada partikel kotor yang bisa berserakan dimana-mana dan bisa terhirup oleh si penderita. Sebaiknya kamu menghindari hewan-hewan seperti kucing dan anjing.

4.Ganti obat asma dengan obat alami

Bila kamu sering mengonsumsi obat-obatan untuk pereda asma, sebaiknya jangan dilakukan terus menerus agar kamu ga selalu kertegantungan dan kambuh lagi. Lebih baik perbanyak makan buah seperti wortel, alpukat, apel untuk melancarkan saluran pernafasan. Madu dan jahu pun bagus untuk penderita asma. Hindari makan yang bisa memicu timbulnya asma seperti susu, udang dan coklat.

5.Renang

Olahraga yang satu ini sangat bagus untuk kesehatan paru-paru dan jantung. Dengan berolahraga juga bisa mengobati sesak nafas dan asma. Daripa kamu memilih olahraga yang berat dan memicu kelelahan, lebih baik kamu lakukan renang saja. Berenang minimal 1 kali seminggu akan baik bagi pernapasan jika dilakukan secara rutin. Pasalnya dengan olahraga yang berat-berat justru akan menyebabkan kamu untuk sulit bernafas.

6.Kontrol Emosi

Terapi yang terakhir ini mungkin akan sedikit sulit di lakukan karena emosi akan keluar sangat spontan tergantung dari hal apa yang bisa memicunya. Karena tekanan emosi yang tinggi misalnya yang terlalu berlebihan misalnya cemas, takut dan gembira akan membuat kamu cepat terserang asma. Ketika hal itu terjadi akan membuat perubahan denyut jantung menjadi kuat dan cepat. Jangan stress! Karena stress pun salah satu pemicu asma. Jauhilah hal-hal yang bisa membuat emosi kamu ga stabil.

Itulah lanjutan terapi dari part 1, semoga dengan kamu melakukan ini bisa mengurangi penyakit asma yang di derita. Jangan lupa di coba yaa! Semoga bermanfaat!

PUNYA ASMA? COBA IKUTI TERAPI INI DAN LIAT HASILNYA!

Asma merupakan penyakit kronis pada saluran pernafasan dan bisa membuat sesak nafas secara berlebih. Saat asma ini kambuh pada seseorang pasti akan merasa sesask di dada dan diserta dengan batuk. Penyebab asma bisa dikarenakan karena asap karbon monoksida, stress infeksi pernafasan dan obat-obatan tertentu. Kebanyakan dari penderita asma pasti ketergantungan dengan obat terutama inhaler, dengan inhaler bisa menjadi penolongan pertama ketika asma sedang kambuh.

Penderita asma oun selalu mengonsmsi obat yang dimana jika terus-terusan dikonsumsi, efeknya ga baik untuk kesehatan. Nah mau tau ga terapi apa saja yang bisa dilakukan untuk kamu yang punya asma? selain gratis beberapa diantaranya pun ada yang ampuh loh. Simak dulu yu!

1.Jangan malas untuk bangun pagi

sangat disayangkan kalau kamu mengabaikan matahari di pagi hari. Karena sinar matahari mengandung vitamin D yang baik bagi sistem kekebalan tubuh termasuk penderita asma.

Udara segar dipagi hari pun dipercaya baik untuk kesehatan paru-paru kamu. Terapi seperti ini ga susah kok untuk di lakukan, yang terpenting kamu harus rajin untuk bangun pagi, berjemur dan menghirup udara segar.

Jangan sampai terlewatkan yaa kalau engga kamu bakal nyesel.

2.Bersihkan lingkungan rumah

Seseorang yang memiliki penderita asma sangat rentang kambuh apabila bertemu dengan debu. Karena itulah, kamu harus rajin membersihkan lingkungan sekitar, setidaknya kamarmu yang menjadi tempat persinggahan dan mungkin ruangan kantor?

Barang-barang yang bisa memicu debu pun harus sering dibersihkan misalkan karpet, atau meja rias. Dan ganti sarung bantal dan sprei minimal seminggu sekali untuk meminimalisir debu dan kotoran yang menempel.

Sebaiknya kalau kamu pake Kasur atau spring bed carilah yang sudah lengkap dengan bantal berbahan dracon, karena bahan tersebut dipercaya baik untuk penderita asma.

Selain itu juga jangan menggunakan pembersih yang berbahan kreolin atau karbol karena aromanya yang kuat dapat memic serangan serangan asma.

3.Kunjungi tempat dengan udara bersih

Mungkin setiap hari kamu harus di hadapkan dengan polusi yang sangat banyak di jalanan sehingga kamu susah untuk mendapatkan udara segar.

Nah kamu bisa nih bikin jadwal sesekali untuk bisa e tempat yang sejuk, adem dan udara yang bersih untuk menguras saluran pernafasan mu.

Biasanya tempat seperti ini akan jauh dari luar kota, namun ga ada salahnya juga kan itung-itung refreshing di hari libur.

Pasalnya menurut pakar bidang pernafasan, salah satu upaya untuk menyembuhan gejala asma dengan menghirup udara yang segar.

Udara yang paling baik itu ya disekitar pantai, karena udara tersebut jauh dari kendaraan-kendaraan yang membuat polusi.

Udara di pegunungan juga bersih, sayangnya cuara yang dingin malah bisa memicu serangan asma. Kalau pergi ke pantai merasa jauh, kamu bisa datang ke taman-taman kota pokonya yang banyak pohon-pohon rindang deh.

4.Gunakan masker saat berpergian

 Penyakit asma merupakan penyakit yang banyak pantangannya. Salah satunya adalah si penderita sangat rentan terhadap polusi.

Tapi dengan seringkan kamu terkena polusi bukan berati kamu harus diam di rumah secara terus-menerus. Kamu hanya harus menghindari paparan asap dan polusi.

Setidaknya gunakan masker agar meminimalisir menghirup udara yang kotor, dengan begitu akan mengurangi resiko terserang asma.

Tapi kamu pun harus bisa memperhatikan penggunaan masker yang benar, kalau bisa pakailah masker beda yang hanya sekali pakai.

EMANG BENER PANCI ANTI LENGKET BERBAHAYA UNTUK KESEHATAN?

Pada jaman sekarang, hidup kita sudah di permudah oleh banyak hal pada aspek manapun. Dengan banyaknya produk inovatif yang bermunculan membuat aktivitas yang biasa ita lakukan sehari-hari ga ribet. Salah satunya kita diberi kemudahan memasak. Invoasi yang sudah muncul dari jaman dahulu adalah panci anti lengket atau Teflon. Kita pun seperti di hipnotis ingin membeli jika melihat demo masak yang menunjukan bahwa kita bisa memasak tanpa menggunakan minyak.

Walaupun banyak yang menggemari teflon ini, namun ada sebagian orang yang meragukan karena telah banyak informasi yang beredar kalau ternyata Teflon ini berbahaya bagi kesehatan? Bener gak sih?

Teflon bukan nama wajan atau jenis alat masak

Ternyata Teflon itu bukan nama sebenernya dari jenis panic anti lengket yang selama ini orang pikirkan. Ini sama halnya dengan orang menyebutkan pasta gigi dengan odol, padahal odol adalah sebuah merk. Begitupun dengan Teflon, Teflon sudah menjadi suatu paten produsen terhadap bahan pelapis yang sering digunakan untuk bahan membuat berbagai alat industrial dan komersial. Selain memberikan klaim anti lenget, dengan lapisan ini memudahkan untuk di bersihkan dan tahan lama. Teflon ini memiliki bahan kimia utama yaitu polutetraluoroethylene (PTTE).

Ga semua panic anti lengket memakai Teflon

Ternyata yang kita kira selama ini adalah panci anti lengket adalah Teflon loh. Karena ga semua panci tersebut menggunakan pelapis Teflon. Banyak juga panci yang megunakan pelapis keramik yang katanya lebih aman. Banyak produsen yang mengubah inovasi tersebut biar ga menggunakan senyawa PTTE agar lebih aman dan soal harga pun pasti akan lebih tinggi karena menggunakan alternatif lain untuk menaikan kualitasnya.

Gas yang dihasilkan telfon terlalu berlebihan

Ketika kamu masak menggunakan wajan berlais Teflon hingga 350 derajat, akan membuat lapisannya memisah dan bisa menghasilkan gas yang beracun. Gas ini sangat berbahaya apabila area dapurmua ga ada ventilasi udara dan katanya gas ini bisa membunuh burung. Jadi kalau misalnya mamasak dengan Teflon diharapkan jangan memasak sampai gosong berasap.

Jika partikel terkelupas akan memicu tumor

Katanya kalai partikel dari telfon tersebut tekelupas bisa membahayakan kesehatan apalagi kalau sampai dikonsumsi dan menempel di makanan. Senyawa kimia yang digunakan untuk memproduksi lapisan itu jurstru yang berbahaya dan berisiko memicu tumor dan karsinogenik. Dengan begitu kamu harus bisa memilih mana panci anti lengket, lebih baik lagi kalau kamu menggunakan panci anti lengket yang berlapis keramik karena itu sudah aman.

Setelah kamu tahu bagaimana bahan pembuat telfon tersebut, semoga kamu bisa leih waspada dalam memilih peralatan masak. Tapi kamu pun ga perlu takut secara berlebihan, yang pnenting kamu sudah tau harus bagaimana ketika di gunakannya. Intinya jangan pakai api yang terlalu besar sehingga ga akan muncul gas. Untuk dipakai merebus sayur ataupun yang lainnya juga jangan digunakan terlalu lama. Dan pastikan di dapurmu ada ventilasi yang cukup

Namun kalau memang dalam hatimu ragu untuk menggunakan telfon yang seperti itu lebih baik ga usah menggunakan. Karena kamu masih bis acari alternative lain yang menurutmu lebih aman. Selain itu alat masak yang bagus dan berkualitas pun bisa menjadi investasi kamu walaupun harga yang keluarkan pasti lebih mahal. Tapi demi kesehatan kan kenapa engga ya..

BAHAYA MEROKOK BAGI KESEHATAN, MULAI SEKARANG DIKURANGI YUK!!

Merokok sekarang sudah menjadi lifestyle setiap orang. Gak hanya bagi orang dewasa, banyak orang yang dibawah umur juga ikut merokok.

Kita bisa menjumpai orang merokok dimana saja, terkadang ada juga nih pengendara motor yang mengendarai motor semabil ngerokok, sebel gak sih?

Padahal udah banyak larangan bacaan dilarang merokok, tapi ya namanya masyarakat Indonesia selalu mengabaikan peraturan.

Padahal kan larangan tersebut ditujukan agar kita sehat, terlebih dengan perokok pasif yang tidak merokok malah jadi imbasnya gara garamereka yang merokok.

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Sebenernya nih ya, orang yang merokok itu sudah tau apa resikonya kalau terus-terusan dan mereka juga tau bahayanya bagi kesehatan apa, terlebih di cover bungkus rokonya pun sudah di perlihatkan gambar yang menyeramkan.

Niatnya sih untuk menakuti-nakuti dan memberi himbauan untuk tidak merokok, tapi sebenernya mereka cuek aja. Kalau rokok habis pun pasti di beli lagi.

Ada apa saja sih kandungan di dalam rokok?

Setidaknya banyak sekali kandungan kimia berbahaya yang ga seharusnya kita konsumsi sehari-hari. Nah bahan-bahan tersebut yang bisa menyebabkan kanker.

Seperti yang kita ketahui bahwa kandungan kimia tersebut terdapat aseton dimanu adalah cairan untuk membersihkan kutek, asam asetat untuk bahan cat rambut, karbononoksida yang muncul dari asap knalpot, formaldehida sebagai cairan pengawet, hexamine yang biasanya ada di cairan korek, naftalena yaitu bahan untuk membuat kapur barur, tar untuk mengaspal jalan dan masih banyak kandungan berbahaya lainnya untuk tubuh.

Penyakit yang bisa datang dikarenakan benda kecil tersebut diantaranya adalah infeksi paru-paru, kanker mulut, kanker tenggorokan, serangan jantung, stroke, demensia dan lainnya.

Selain itu ada beberapa gangguan yang akan dirasakan gak hanya oleh si perokok, tpai juga bagi orang-orang di sekitar diantaranya yaitu:

1.Otak

Dengan kamu merokok, kamu bisa mengalami risiko terkena kanker hingga 50% loh dan hal itu bisa merusak otak dan mengalami kematian. Dengan kita merokok juga bisa mengalami aneurisma otak.

Aneurisma otak merupakan pembengkakan pembuluh darah terjadi akibat melemahnya dinding pembuluhdarah dan sewaktu-waktu bisa mengakibatkan pendarahan di otak.

2.Paru-paru

Merokok juga menyebabkan kanker paru-paru, karena banyak kandungan kimia yang berpotensi untuk merusak sel paru-paru dan akan berubak menjadi sel kanker. Penyakit lainnya yang bisa menyerang paru-paru adalah bronkitis, pneumonia dan emfisema.

3.Kulit

Orang yang merokok pasti akan lebih terlihat tua dibandingkan orang yang tidak merokok, ini disebabkan karena kurang asupan oksigen ke kulit.

Dan juga orang yang sering merokok, kulitnya cenderung akan lebih kering, wajahnya pun seperti tidak segar.

4.Menghambat aliran darah

Nikotin yang terkandung dalam sebatang rokok akan membuat darah menjadi lebih kental. Dengan begitu nutrisi, oksigen, mineral yang mengalir di darah ga bisa di serap tubuh secara optimal. Ini bakan mengakibatkan paradangan bagian luar atau organ dalam tubuh.

5.Gigi menguning

Walaupun ini bukan termasuk sebagai penyakit yang mengerikan, namun ini bisa menjadi gangguan kesehatan yang jangka panjang yaitu gigi menguning, terakdang juga sampai keropos.

6.Bahaya untuk kehamilan

Asap rokok sangatlah bahaya bagi ibu hamil, mengapa? Karena kandungan kimia yang di bawa oleh asap rokok dan kemudian diisap oelh ibu hamil bisa mengalami keguguran, selain itu ketika bayi lahir pun akan rentan mengalami asma, kelainan fisik, gangguan pertumbuhan dll.

7.Penyakit mata

Dengan merokok, kamu pun bisa terkena penyakit mata seperti glukoma, degenerasi, dan katarak.

Itulah beberapa gangguan dan penyakit berbahaya yang bisa di alami kalau terus-terusan merokok.

Jadi alangkah baiknya kalau kamu bisa mencegah itu semua dari pada mengobati! Yuk mulai sekarang kurangi merokok, itu kan demi kesahatan kamu juga!

TREN YANG BISA KAMU IKUTI NAMUN ADA MANFAAT DI BALIKNYA

Belakangan ini banyak yang sedang menjalani gaya hidup sehat. Apalagi di tengah hiruk pikuknya kota besar yang biasanya kita tidak sempat untuk melakukan gaya hidup seperti ini.

Namun apapun yang sedang tren sudah pasti sih di ikuti oleh setiap kalangan, selain kita bisa dapat vibesnya, ternyata ada manfaat bagi kesehatannya juga.

Tren Sehat Masa Kini

Gaya hidup sehat ini pun populer karena adanya faktor dari media sosial. Namun apakah gaya hidup sehat ini akan long lasting hingga kita tuan anti, atau hanya ketika mengikuti jaman saja?

Tapi jangan salah, dibawah ini ada beberapa cara gaya hidup sehat yang mungkin kamu ga terpikirkan bahwa ternyata ada manfaat dibaliknya. Simak yuk!

1.Infused water

Beberapa tahun belakang, tren ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Sepertinya hampir semua orang tau kebiasaan ini, apalagi kamu pengguna sosial media Instagram.

Emang beneran ada manfaatnya? Ada dong pastinya, dengan infused water badan kamu bisa di terdetoks secara alami.

Kamu pun bisa bawa infused water ketika sedang bekerja ataupun ke kampus. Infused water pun bisa pakai buah apa saja, tapi kalau bisa utamakan buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi.

Buahkan tinggal kamu iris-iris campurkan dengan air putih dan diamkan minimal 2 jam. Udah pernah coba?

2.Konsumsi chia seed

Biasanya kamu nemukan chia seed ini pasti dijadikan topping smoothies. Namun kamu tau gak sih apa sebenernya manfaat dari konsumsi chia seed?

Chia seed ini bagus banget untuk kesehatan misalnya melawan diabetes, membantu perkembangan otak hingga pada kesehatan jantung.

Walupun ukurnya yang sangat kecil, tetapi jangan salah, di dalamnya terdapat banak sekali kandungan seperti serat, protein, omega 3, Alpha Linlenic Acid (ALA) serta antioksidan.

3.Diet catering

Gaya hidup sehat memang tidak jauh dengan yang namanya olahraga ataupun makanan sehat.

Hingga sekarang tren diet catering ini masih banyak di gandrungi oleh sebagian orang yang ingin hidup sehat.

Namun catering ini terbilang cukup mahal, pasalnya setiap paket yang kamu pesan bisa lebih dari satu juga untuk paket seminggu.

Walaupun harganya terkadang tidak seenak makanan pada umumnya, namun makanan tersebut pasti sudah dihitung jumlah kalorinya sehingga sudah memenuhi kebutuhan tubuh.

Karena untuk kamu yang sedang diet biasanya susah membuat atau tidak mau repot ketika makan.

4.Menu smoothies untuk sarapan

Pernah liat ga kebanyakan orang luar negeri ketika bikin daily vlog, mereka cenderung akan membuat smoothies.

Terus apakah kamu tau bedanya smoothies dengan jus biasa? Smoothies ini teksturnya seperti bubur karena prosesnya dihancurkan sampai halus tanpa menggunakan air.

Namun keduanya sama-sama memberi vitamin untuk tubuh, selain itu smoothies bisa menjadi pengganti sarapan atau makan malam karena memberikan efek yang kenyang.

5.Diet mayo

Diet ini merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan ketika ingin menurunkan berat badan.

Diet ini sebenernya hampir sama dimana kita tetap mengonsumsi sayur ataupun daging. Namun yang membedaka, diet mayo ini memakai bumbu apapun sama sekali alias hambar.

Namun tanpa disadari, diet ini yang paling ampuh untuk menurunkan berat badan loh. Asalkan kamu bisa jalanin diet ini selama 2 minggu full tanpa bolong.

Itulah beberapa tren yang bisa kamu ikuti. Jangan lupa juga dibarengi olah raga, karena ketika kamu sudah mencoba untuk hidup sehat tapi ga seimbang juga rasanya akan sangat percuma. Selamat mencoba!

APA SAJA SIH MAKANAN YANG BISA MEMICU HIPERTENSI?

Menjaga pola makan dan mengontrol asupan garam adalah salah satu cara untuk mencegah datangnya tekanan darah tinggi.

Namun untuk mencegah darah tinggi tidak hanya bisa dilakukan oleh satu cara saja, karena kita harus menerapkan pola makan dan pola hidup yang sehat agar dapat mencegah penyakit tersebut.

Pemicu Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah penyakit yang dapat muncul secara tiba-tiba. Terkadang untuk tau seseorang terkena hipertensi atau tidak sedikit agak sulit, apalagi kalau tidak mengukur tekanan darahnya.

Cara untuk mengtahui seseorang memiliki hipertensi yaitu harus memperhatikan hasil pengukuran dari tekanan darah.

Tekanan darah yang normal yaitu dibawah 120/80. Angka 120 atau angka pertama menunjukan tekanan darah sistolik, sedangkan angka 90 atau angka kedua menunujukan tekanan darah diastolic.

Dibawah ini merupakan hasil yang bisa di kategorikan:

  • Normal

Tekanan yang dihasilnya yaitu kurang dari 120/80 bisa di katakana normal. Untuk mempertahankan hasil ini, kamu harus tetap makan makanan gizi seimbang yang dibarengi oleh berolahraga.

  • Prahipertensi

Merupakana tekanan yang dihasilkan berkisar antara 120-109/80. Ketika kondisi ini terjadi maka harus cepat diatasi kareng bisa berisiko menjadi hipertensi.

  • Hipertensi derajat 1

Tekanan yang dihasilkan angka histoliknya lebih dari 130  atau ang diastoliknya diatas 80. Namun untuk memastikannya lagi, dokter akan memeriksa hingga dua kali.

  • Hipertensi derajat 2

Kamu akan di diagnose hipertensi derajat 2 apabila tekanan daranya konstan berada di atas 140/90. Selain kamu harus menerapkan pola hidup yang sehat, dokter pun pasti akan memberi obat utnuk menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Krisis hipertensi

Ketika tekanan darah kamu sudah lebih dari 180/120, kamu harus menunggunya selama beberapa menit lalu disarankan untuk memeriksanya lagi. Jika hasilnya masih sama, kamu sudah berada di kategori krisis hipertensi.

Lalu apa saja sih makanan yang bisa memicu hipertensi?

Terkadang saat kita makan, kita tidak tahu apa saja kandungan yang ada di dalam makanannya tersebut.

Bila kamu ingin kamu mengendalikan tekanan darah tinggi, artinya kamu harus bisa mengurmai makanan yang mengandung sodium atau natrium.

Makanan yang mengandung tinggi sodium dan natrium biasanya berada pada makanan kemasan dala kaleng dan makanan siap saji.

Lebih baik kamu mengonsumsi makanan yang mengandung potasioum dan serat karena berguna untuk mengendalikan tekanan darah.

Berikut ini merupakan makanan yang harus di hindari apabila kamu memiliki riwayat tekanan darah tinggi

1.Kopi

Kafein yang terdapat pada kopi tidak cocok untuk pengindap darah tinggi.

2.Makanan olahan

Makanan olahan biasanya diawetkan menggunakan garam. Selain itu makanan yang mengandung natrium tinggi berbahaya juga bagi penderia diabetes.

3.Saus kalengan

Kebanyakan dari saus kalengan yang sering kita konsumsi itu mengandung kadar natrium yang tinggi malah bisa mencapai 450 mg per botolnya

4.Kulit ayam dan makanan berlemak

Kulit ayam dan beberapa makanan berlemak lainnya banyak mengandung asam lemak jenuh. Lemak jenis inilah yang dapat meningkatkan kolesterol jahat hingga bosa memperburuk tekanan darah tinggi.

Jadi sebaikanya ketika kamu sudah memiliki gejala hipertensi harus cepat-cepat ubah pola makan agar tekanan darah menjadi lebih stabil.

Hindari makanan yang bisa memicu hipertensi. Selain itu selalu lakukanlah pengukuran tekanan darah secara teratur.

Jika dirasa hasil pemerikasaan tekanan  darahnya diluar batas nomal, sebaiknya kamu periksakan diri ke dokter agar langsung mendapat penanganan khusus.

RAWAT KESEHATAN KULIT KITA YUK!!!

Kulit merupakan bagian organ tubuh yang paling besar yang berada di lapisan terluar tubuh yang dinamakan dengan epidermis.

Epidermis sendiri merupakan jaringan kulit yang letaknya paling luar dan fungsinya sangat penting dalam melindungi orang yang di dalamnya serta menjadi penghalang untuk melindungi tubuh dari paparan sinar UV.

Kulit yang sehat merupakan keinginan semua orang. Namun ada juga kulit yang memang sudah indah dan sehat dari sejak ia kecil sampai sekarang.

Keingin setiap orang untuk memiliki kulit indah, sehat, dan bersih pun ternyatanya banyak rintangannya.

Selain faktor lingkungan yang kotor, faktor dari dalam juga mempengaruhi seperti menambahnya usia. 

Banyak yang berkata bila ingin kulit yang glowing nan indah, harus ada perawatan kulit yang tepat dan di lakukan secara rutin.

Apa saja sih faktor penyebab kerusakan kulit?

Selain dengan bertambahnya usia dan faktor lingkungan, faktor makanan juga akan mempengaruhinya apalagi pada kulit area wajah.

Selain itu sinar matahari juga menjadi faktor utama apalagi kita sering beraktivitas di luar ruangan.

Sinar ultraviolet itu sangat jahat dan sifatnya bisa merusak kolagen dan elastin. Elastin merupakan protein yang berada di jalam jaringan kulit yang bisa membuatnya terasa kenyal.

Sinar Ultraviolet juga bisa berdampak pada pigmentasi kulit yang dimana kalau tidak pernah dirawat akan menimbulkan keriput hingga risiko terkena kanker kulit.

Lalu apa saja yang diperlukan dalam perawatan kulit yang sehar?

Dengan kita sering mengonsumsi buah-buahan dan sayur yang engandung aktioksidan, otomatis kita juga sedang merawat kulit.

Makanan yang mengadung antioksidan diantaranya tomat, bayam, ubi, strawberry. Antioksidan juga akan mencegah kerusakan sel serta bisa menagnkal radikal bebas seperti sinar matahari.

Kemudian jangan lupa konsumsi makanan yang mengandung vitamin C agar kolagen yang berada kulit kita cepat hilang.

Kamu bisa jumpai makanan yang banyak mengandung vitamin C pada buah-buah yang berasa asam.

Selain itu, perbanyak minum air putih agar kulit kamu tetap terhidrasi dan mencegah kulit agar tidak kering. Air juga dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

Kamu juga bisa mengonsumsi teh hijau sebagai anti-inflamasi pada kulit dan mengurangi terjadinya resiko kanker kulit. Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat tubuh dari dalam

Sekarang, untuk mendapatkan kulit yang bersih dan sehat tidak cukup hanya dari dalam saja. Kamu pun harus merawatnya dari luar, agar hasil yang diharapkan maksimal.

Dibawah ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan, simak yuk!

  • Jangan lupa untuk memakai body lotion dengan spf yang tinggi atau gunakan tabir surya. Mungkin untuk sebagian orang ini ada hal yang sepele, padahal ini penting banget untuk melindungi dari sinar matahari secara lansgung. Selain itu memakai body lotion juga menjaga agar kulit tetap lembab dan tidak kering.
  • Harus sering membersihkan wajah ketika habis keluar rumah. Pastikan ketika kamu hendak akan tidur, wajahmu harus bersih dan jangan lupa pakai skin care untuk menunjang kulit agar bersih dari jerawat.
  • Gunakan pelembap wajah, ini sama halnya dengan body lotion pada tubuh.
  • Lakukan scrub. Scrub ini berguna untuk membuang sel-sel kulit mati yang terdapat di permukaan kulit, selain akan membuat kulit lebih halus, kalau kamu rutin melakukan ini juga akan membuat kulit kam lebih cerah.

Itulah beberapa tips agar kulit kamu tetap terlihat bersih, sehat, dan glowing. Jangan lupa perawatan yang dilakukan harus dari luar dan dalam agar hasil lebih maksimal.

Semuanya tidak instan, tapi kalau kamu rajin melakukannya pasti dapat hasil yang di inginkan. Semoga bermanfaat ya!