MENGAPA SAAT SEDANG HAMIL MALAH SULIT UNTUK TIDUR? INILAH BEBERAPA FAKTORNYA!

Hamil merupakan suatu anugrah yang tak bisa ternilai harganya dimana kita dititipkan rezeki oleh Tuhan yang harus dijaga dan dirawat. Meskipun hamil itu anugrah, namun terkadang orang yang sedang hamil harus mengatasi beberapa masalah, misalnya sulit tidur. Jika seorang ibu hamil kekurangan tidur, akan membuat tubuh menjadi sering lelah.

Padahal istirahat yang paling optimal adalah tidur, karena selain membuat tubuh menjadi rileks, dengan tidur pun bisa menunjang pertumbuhan si janin. Moms tau gak sih apa yang menyebabkan kalian susah untuk tidur? Dan kira-kira sudah tau belum bagaimana cara mengatasinya? Simak bareng-bareng yuk informasi dibawah ini..

yang menyebabkan orang hamil susah untuk tidur

1.Janin terlalu aktif

Siapa sih yang gak senang kalau tau bahwa janin di dalam perut sangat aktif? Namun jika terlalu aktif di malam hari, justru bisa menggangu mamanya jadi gak bisa tidur. Kondisi janin aktif seperti itu biasanya dialami saat usia kehamilan diatas 20 minggu.

Nah untuk mengatasi masalah seperti itu, para moms bisa ajak jalan-jalan dulu sebelum tidur dan cobalah diajak mengobrol. Ohiya, kalau bisa hindari makanan pedas ya karena bisa membuat janin lebih aktif bergerak.

2.Mual

Ada beberapa orang saat trimester awal, mereka merasakan mual dan selalu ingin muntah, hal itu bisa membuat moms akan sulit tertidur. Namun sebenarnya, mual ketika hamil ini bisa menyerang kapanpun gak mengenal waktu. Pernah merasakan hal yang sama?

Untuk mengatasi hal seperti ini, coba posisikan tubuh bagian atas dibuat permukaannya lebih tinggi saat tidur atau berbaring. Dengan dibuat posisi ini, akan membantu melancarkan sirkulasi darah dan bisa mengurangi risiko mual. Hindari makan besar sebelum tidur juga ya moms.

3.Sering pipis

Jika janin semakin besar, biasanya membuat hasrat pipis sang moms meningkat apalagi pada malam hari. Kondisi ini biasanya bisa membuat susah tidur karena terlalu sering kebangun. Untuk meminimalisir hal seperti ini, moms harus menghindari minuman bergula tinggi, mengandung kafein dan berkarbonasi.

4.Cemas berlebihan

Rasa cemas dan khawatir merupakan kondisi yang wajar dan memang hormonal. Namun jika dibiarkan begitu saja bisa berlanjut dan dikhawatirkan akan menjadi stress. Hal seperti ini banyak dialami oleh moms yang sudah masuk pada trimester ketiga. Rasa cemas yang berlebihan akan selalu dialami sehingga membuat sulit tidur ketika malam hari.

Biasanya para moms dicemaskan oleh beberapa hal salah satunya kondisi si janin, makanya lebih baik sering di konsultasikan ke dokter ya apabila terjadi sesuatu. Jangan lupa minum teh hangat sebelum tidur ya moms.

5.Restless Leg Syndrome

Syndrome ini merupakan kondisi dimana kaki sering bergerak seperti sedang gelisah. Pemicu Restless Leg Syndrome ini bisa jadi karena moms kekurangan zat bisi. Para moms harus bisa menjaga asupan makanan dan konsumsi makanan yang mengandung zat besi serta vitamin yang cukup.

6.Sakit Punggung

Jika pernah mengalami sakit yang seperti ini atau sedang mengalaminya, coba mulai dari sekarang ubah posisi tidur menjadi ke sebelah kiri. Karena sakit punggung tersebutlah yang bisa menyebabkan sulit tidur. Dengan berbaring ke posisi sebelah kiri bisa mengurangi tekanan pada vena. Atau cara lain yang bisa dilakukan yaotu dengan mengompres area yang membuat sakit punggung sehingga bisa membuat otot lebih rileks.

Itulah beberapa faktor yang biasanya membuat para ibu hamil mengalami susah tidur. Namun jika kondisi seperti itu terus-terusan dialami, jangan takut untuk konsultasi ke dokter ya. Karena dokter pasti lebih tahu yang sebenernya. Semoga bermanfaat yaa Moms…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *