MANFAAT JAHE UNTUK KESEHATAN

Jahe merupakan salah satu tanaman alami yang termasuk dari rempah-rempah yang banyak manfaatnya untuk pengobatan tradisional dan bidang kesehatan lainnya. Di Indonesia sendiri, jaeh ini banyak di temukan di pasar-pasar karena biasanya masakan Indonesia menggunakan rempah jahe ini sebagai bahan masakan.

Selain itu bahan masakan, jahe juga banyak manfaatnya dalam bidang kecantikan dan kesehatan. Jahe sendiri mengandung berbagai jenis antioksidan yang berbeda-beda fungsinya. Lalu, jahe juga banyak mengandung protein, vitamin c, mangan, besi, fosfor dan silicon yang baik untuk tubuh. Jahe juga bisa digunakan untuk menjadi penyedap masak-masakan.

Di Indonesia sendiri, jahe biasanya digunakan sebagai jamu untuk menaikan imunitas tubuh, membantu saat flu serta meredakan masuk angin. Dan katanya, jahe pun bisa membantu merungai jerawat loh.

Lalu sebenernya apa saja sih manfaat jahe yang benar-benar ampuh?

manfaat jahe yang benar-benar ampuh

1.Pereda Nyeri

 
Manfaat jahe yang pertama ini yaitu dapat menenangkan sendi yang kaku, otot yang sakit dan bisa meredekan penyakit osteoarthritis dan artritis. Kamu juga bisa mengoleskan jahe yang telah dihancurkan dan di campur ke dalam air hangan lalu di oleskan pada dahi untuk mengurangi rasa sakit kepala.

2.Meredakan Mual

Jahe juga ternyata sangat ampuh untuk meredakan mual atau maduk ketika sedang perjalanan jauh. Selain itu bisa digunakan sebagai obat untuk morning sickness bagi ibu hamil. Dan juga bisa meredakan muntah pada pasien kanker setelah menjalani kemoterapi.

3.Membantu mengurangi gangguan pencernaan dan bisa memperlancar sistem pencernaan.


Manfaat jahe yang laiinya yaitu bisa mempercepat pengosongan lambung untuk mengurangi gangguan pencernaan. Karena jahe memiliki kandungan phenolic yang berfungsi untuk meredakan iritasi menstimulasi air liur, mencegeh kontraksi pada perut serta bisa membantu pergerakan minuman ketika sedang berada di organ pencernaan.

4.Meminimalisir terjadinya penyakit Alzheimer

Alzheimer sendiri merupakan sebuah kondisi dimana adanya penurunan daya ingat, kemampuan dalam berfikir dan berbicara serta adanya perubahan perilaku yang disebabkan karena gangguan pada otak. Dengan mengonsumsi jahe secara rutin, bisa mencegah hilangnya sel-sel otak tersebut.

5.Melindungi dari Kanker


kandungan gingerol dan phytonutrient pada jahe bisa mencegah penyakit kanker loh terutapa pada sel kanker usus besar. Selain itu gingerol juga bisa mencegara penyebaran sel tumor dan mengurangi tingkat keparan. Tidak hanya pada kanker usus besar, jahe juga bisa mencegah terjadinya kanker obarium dan prostat.

6.Membantu Detoksifikasi Kulit


Dengan mengonsumsi jahe bisa memicu keluarnya keringat, dengan begitu keringat yang keluar tersebut bisa sekaligus membantu detoksifikasi dan bisa melindungi tubuh dari mikroorganisme yang bisa infeksi pada kulit. Makanya gak heran jika kita sedang sakit demam atau flu, biasanya kita malah berkeringat.

7.Menurunkan Berat Badan


Jika kita mengonsumsi jahe panas, katanya cocok untuk yang sedang diet karena bisa membuat kenyang lebih lama. Selain itu jahe juga bisa menekan nafsu makan sehingga kamu pun ga akan makan banyak di selanjutnya. Jahe ini bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan membuat kalori lebih terbakar sempurna.

8.Membersihkan Sinus


Nutrisi yang terkandung dalam jahe bisa membersihkan sinus karena bisa melepaskan sumbatan dan juga meningkatkan drainase / saluran.

9.Mengobati rasa kram saat menstruasi

 
Selain manfaat-manfaat diatas, jahe bisa mengurangi rasa sakit saat menstruasi. Caranya hanya dengan merebus jahe dan saring airnya, lalu minum ketika masih hangat.

Walaupun jahe banyak manfaatnya bagi tubuh, tapi tetap saja ya kalian harus tepat mengonsumsinya sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *