Kandungan dan Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Kandungan dan Manfaat Daun Sirsak Untuk KesehatanAhlinyaobatmaag.com. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari daun sirsak untuk kesehatan tubuh manusia baik sebagai pencegahan penyakit, obat penyakit, maupun agar tubuh tetap sehat. Bukan hanya itu, bahkan ajaibnya daun sirsak juga bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah maupun untuk diet. Manfaat dan khasiat daun sirsak bukan tanpa bukti, akan tetapi manfaat dan khasiat daun sirsak untuk kesehatan telah terbukti secara ilmiah.

Kandungan dan Manfaat Daun Sirsak Untuk KesehatanSebenarnya, manfaat dan khasiat daun sirsak sudah sejak lama diketahui dan diyakini oleh nenek leluhur kita. mereka menggunakan daun sirsak ini sebagai obat tradisional untuk mengatasi masalah kesehatan mereka. walaupun mereka tak memahami secara ilmiah tentang nilai dan kandungan daun sirsak, akan tetapi manfaat dan khasiat daun sirsak sangat nyata meraka rasakan. Bukan soal bagaimana cara mereka meyakini dan berkesimpulan terhadap kemampuan daun sirsak untuk menyembuhkan penyakit, namun itulah faktanya bahwa bukan rahasia lagi, ternyata mereka lebih dulu mengetahui manfaat daun sirsak khususnya untuk kesehatan.

nah, untuk membuktikan manfaat daun sirsak untuk kesehatan mari kita lihat apa saja kandungan yang terdapat dalam daun sirsak berikut ini :

Kandungan Daun Sirsak

lactones Isoquinoline Lipid
  • Annohexocina
  • Annomuricina A, B, C dan E
  • Annomutacina
  • Annopentocinas A, B dan C
  • Muricoreacina
  • Gigantetronemina
  • Murihexocina A dan C
  • Javoricina
  • Anonaine
  • Anoniine
  • Atherospermine
  • Coreximine
  • Asam Gentisic
  • Asam Lignoceric
  • CLA
  • asam stearat

Dengan banyaknya kandungan tersebut maka tidak heran jika daun sirsak ini juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, bahkan beberapa kandungan tersebut dipercaya dapat mencegah serta mengurangi pertumbuhan sel kanker dan tumor. berikut adalah manfaat yang dapat diperoleh dari daun sirsak untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Sirsak

Mengobati Kanker dan Tumor
Daun sirsak mengandung senyawa Annonaceous acetogenins yang hanya dapat ditemukan pada keluarga tanaman annonaceae. Senyawa tersebut merupakan senyawa fitokimia yang memiliki aktifitas anti kanker. Annonaceous acetogenins bekerja dalam tubuh dengan membunuh sel kanker dan memicu apoptosis atau yang dikenal dengan mekanisme bunuh diri sel.

Secara alami, sel tubuh yang rusak dalam tubuh akan membunuh dirinya sendiri agar tidak mempengaruhi sel lainnya, namun pada kasus penyakit kanker, sel kehilangan kendali dan tidak dapat mengendalikan pembelahannya.

Tidak hanya membunuh sel kanker, ekstrak daun sirsak juga mampu membunuh tumor secara efektif dengan cara menghambat pasokan nutrisi dan energi yang dibutuhkan oleh sel tumor.

Mencegah dan Mengobati Diabetes
Kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh akibat diabetes dapat merusak sel dan jaringan sehingga penyakit diabetes termasuk salah satu penyebab angka kematian tertinggi di dunia. Penyakit diabetes atau kencing manis dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya pola hidup yang tidak sehat dan genetis yang menyebabkan insulin resistance atau kerusakan fungsi hormon insulin.

Insulin adalah hormon yang bekerja mengatur kadar gula darah dalam tubuh agar tetap normal. Pada penderita diabetes, insulin tidak dapat bekerja secara optimal karena kehilangan kepekaannya terhadap kadar gula dalam darah. Daun sirsak mengandung senyawa metanolik, streptozotocin yang dapat memicu sel-sel beta langerhans dalam pankreas untuk menghasilkan insulin dan meningkatkan sensitifias insulin terhadap kadar gula darah dalam tubuh.

Mengkonsumsi air rebusan daun sirsak setiap hari dapat membantu penderita diabetes dalam menetralkan kadar gula dalam darah.

Menurunkan Kolesterol Jahat
Senyawa anti-hiperlipidemia yang terkandung dalam daun sirsak mampu menurunkan kadar lemak jahat atau kolesterol yang dalam bahasa medis disebut dengan istilah Low Density Lipoprotein (LDL) serta meningkatkan kadar lemak baik atau High Density Lipoprotein (HDL) di dalam tubuh.

Kolesterol jahat dapat menembus dinding arteri dan menimbulkan plak pada pembuluh darah atau yang dikenal dengan sebutan atherosclerosis. Atherosclerosis atau penebalan dinding arteri dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

Mengatasi Sakit Maag
Penyakit maag atau radang lambung banyak diderita oleh masyarakat dewasa ini. Penyakit ini terjadi karena buruknya pola makan seseorang atau akibat adanya infeksi pada saluran cerna. Jika tidak ditangani, penyakit maag dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang serius.

Daun sirsak mengandung senyawa anti-ulceritis atau anti peradangan yang dapat menghambat produksi asam lambung, melindungi dinding lambung serta membunuh bakteri penyebab infeksi dalam saluran cerna.

Rutin mengkonsumsi air rebusan daun sirsak dapat mengurangi infeksi pada lambung sekaligus meredakan sakit akibat infeksi tersebut.

Mengatasi Diare
Diare adalah suatu gangguan pencernaan yang ditandai dengan meningkatkan frekuensi buang air besar dan tinja yang cair.

Penyakit diare ini banyak diderita masyarakat Indonesia dan menempati peringkat ketiga belas penyebab kematian di Indonesia, disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah infeksi parasit seperti bakteri Escherischia coli.

Sebuah penelitian pada tahun 2014 menyebutkan bahwa ekstrak methanol yang terkandung dalam daun sirsak mampu mencegah pertumbuhan bakteri dan parasit termasuk bakteri Escheriscia coli yang merupakan penyebab diare.

Mengurangi Gejala Arthritis
Daun sirsak mengandung senyawa anti inflammatori atau peradangan yang dapat mengurangi gejala arthritis.

Arthritis adalah suatu gangguan pada persendian yang disebabkan oleh peradangan dan merupakan salah satu gejala penyakit autoimun atau rusaknya sistem imun yang terjadi dalam tubuh dimana sel darah putih justru menyerang sel normal dalam tubuh.

Meminum air rebusan daun sirsak setiap hari dapat mengurangi gejala arthritis dan rasa nyeri pada persendian.

Mengatasi Peradangan
Peradangan dalam tubuh dapat terjadi karena infeksi maupun gangguan pada sistem organ. Senyawa aktif dalam daun sirsak mampu bekerja sebagai zat anti-inflammatori sekaligus sebagai analgesik atau pereda rasa sakit.

Oleh sebab itu, air rebusan maupun ekstrak daun sirsak dapat digunakan untuk menyembuhkan radang, baik yang bersifat ringan maupun kronis seperti radang pada saluran cerna seperti usus dan lambung.

Menurunkan Tekanan Darah
Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor resiko penyakit jantung. Tekanan darah yang tinggi dalam tubuh biasanya disebabkan karena pembuluh darah atau arteri yang menebal dan menyumbat aliran darah.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Kedari et al dalam American Journal of Research Communication pada tahun 2014 menyebutkan bahwa daun sirsak mengandung senyawa antihypertensive yang dapat menurunkan tekanan darah tanpa mempengaruhi kerja organ jantung.

Meminum rebusan daun sirsak setiap hari mampu membantu penderita hipertensi dalam mengontrol tekanan darahnya.

Memperkuat Sistem Imun
Salah satu manfaat daun sirsak adalah memperkuat sistem imun pada tubuh kita. Senyawa antioksidan yang terkandung dalam daun sirsak mampu meningkatkan kemampuan sel imun atau sel kekebalan tubuh dalam menangkal mikroorganisme dan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

Selain itu, kandungan zinc dalam daun sirsak juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Saat anda merasakan gejala flu atau demam, anda bisa mengkonsumsi air rebusan daun sirsak untuk memperkuat daya tahan tubuh anda.

Mempercepat Penyembuhan Luka
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Moghadamtousi et al membuktikan bahwa senyawa etil asetat dan antioksidan yang terkandung dalam daun sirsak mampu mempercepat penyembuhan luka pada kulit.

Jika anda ingin luka anda segera sembuh, anda hanya perlu menumbuk beberapa helai daun sirsak dan mengaplikasikannya pada kulit yang terluka.

Keinginan untuk sembuh dari penyakit seringkali membuat kita kebablasan dalam proses pengobatannya, namun jangan mengonsumsinya secara berlebihan. Anda harus tetap membatasi penggunaannya bila tak ingin terkena efek samping daun sirsak.

baca juga :

# Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan, Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan, Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan, Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan, Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Kandungan dan Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *