EMANG BENER PANCI ANTI LENGKET BERBAHAYA UNTUK KESEHATAN?

Pada jaman sekarang, hidup kita sudah di permudah oleh banyak hal pada aspek manapun. Dengan banyaknya produk inovatif yang bermunculan membuat aktivitas yang biasa ita lakukan sehari-hari ga ribet. Salah satunya kita diberi kemudahan memasak. Invoasi yang sudah muncul dari jaman dahulu adalah panci anti lengket atau Teflon. Kita pun seperti di hipnotis ingin membeli jika melihat demo masak yang menunjukan bahwa kita bisa memasak tanpa menggunakan minyak.

Walaupun banyak yang menggemari teflon ini, namun ada sebagian orang yang meragukan karena telah banyak informasi yang beredar kalau ternyata Teflon ini berbahaya bagi kesehatan? Bener gak sih?

Teflon bukan nama wajan atau jenis alat masak

Ternyata Teflon itu bukan nama sebenernya dari jenis panic anti lengket yang selama ini orang pikirkan. Ini sama halnya dengan orang menyebutkan pasta gigi dengan odol, padahal odol adalah sebuah merk. Begitupun dengan Teflon, Teflon sudah menjadi suatu paten produsen terhadap bahan pelapis yang sering digunakan untuk bahan membuat berbagai alat industrial dan komersial. Selain memberikan klaim anti lenget, dengan lapisan ini memudahkan untuk di bersihkan dan tahan lama. Teflon ini memiliki bahan kimia utama yaitu polutetraluoroethylene (PTTE).

Ga semua panic anti lengket memakai Teflon

Ternyata yang kita kira selama ini adalah panci anti lengket adalah Teflon loh. Karena ga semua panci tersebut menggunakan pelapis Teflon. Banyak juga panci yang megunakan pelapis keramik yang katanya lebih aman. Banyak produsen yang mengubah inovasi tersebut biar ga menggunakan senyawa PTTE agar lebih aman dan soal harga pun pasti akan lebih tinggi karena menggunakan alternatif lain untuk menaikan kualitasnya.

Gas yang dihasilkan telfon terlalu berlebihan

Ketika kamu masak menggunakan wajan berlais Teflon hingga 350 derajat, akan membuat lapisannya memisah dan bisa menghasilkan gas yang beracun. Gas ini sangat berbahaya apabila area dapurmua ga ada ventilasi udara dan katanya gas ini bisa membunuh burung. Jadi kalau misalnya mamasak dengan Teflon diharapkan jangan memasak sampai gosong berasap.

Jika partikel terkelupas akan memicu tumor

Katanya kalai partikel dari telfon tersebut tekelupas bisa membahayakan kesehatan apalagi kalau sampai dikonsumsi dan menempel di makanan. Senyawa kimia yang digunakan untuk memproduksi lapisan itu jurstru yang berbahaya dan berisiko memicu tumor dan karsinogenik. Dengan begitu kamu harus bisa memilih mana panci anti lengket, lebih baik lagi kalau kamu menggunakan panci anti lengket yang berlapis keramik karena itu sudah aman.

Setelah kamu tahu bagaimana bahan pembuat telfon tersebut, semoga kamu bisa leih waspada dalam memilih peralatan masak. Tapi kamu pun ga perlu takut secara berlebihan, yang pnenting kamu sudah tau harus bagaimana ketika di gunakannya. Intinya jangan pakai api yang terlalu besar sehingga ga akan muncul gas. Untuk dipakai merebus sayur ataupun yang lainnya juga jangan digunakan terlalu lama. Dan pastikan di dapurmu ada ventilasi yang cukup

Namun kalau memang dalam hatimu ragu untuk menggunakan telfon yang seperti itu lebih baik ga usah menggunakan. Karena kamu masih bis acari alternative lain yang menurutmu lebih aman. Selain itu alat masak yang bagus dan berkualitas pun bisa menjadi investasi kamu walaupun harga yang keluarkan pasti lebih mahal. Tapi demi kesehatan kan kenapa engga ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *