BAHAYA MEROKOK BAGI KESEHATAN, MULAI SEKARANG DIKURANGI YUK!!

Merokok sekarang sudah menjadi lifestyle setiap orang. Gak hanya bagi orang dewasa, banyak orang yang dibawah umur juga ikut merokok.

Kita bisa menjumpai orang merokok dimana saja, terkadang ada juga nih pengendara motor yang mengendarai motor semabil ngerokok, sebel gak sih?

Padahal udah banyak larangan bacaan dilarang merokok, tapi ya namanya masyarakat Indonesia selalu mengabaikan peraturan.

Padahal kan larangan tersebut ditujukan agar kita sehat, terlebih dengan perokok pasif yang tidak merokok malah jadi imbasnya gara garamereka yang merokok.

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Sebenernya nih ya, orang yang merokok itu sudah tau apa resikonya kalau terus-terusan dan mereka juga tau bahayanya bagi kesehatan apa, terlebih di cover bungkus rokonya pun sudah di perlihatkan gambar yang menyeramkan.

Niatnya sih untuk menakuti-nakuti dan memberi himbauan untuk tidak merokok, tapi sebenernya mereka cuek aja. Kalau rokok habis pun pasti di beli lagi.

Ada apa saja sih kandungan di dalam rokok?

Setidaknya banyak sekali kandungan kimia berbahaya yang ga seharusnya kita konsumsi sehari-hari. Nah bahan-bahan tersebut yang bisa menyebabkan kanker.

Seperti yang kita ketahui bahwa kandungan kimia tersebut terdapat aseton dimanu adalah cairan untuk membersihkan kutek, asam asetat untuk bahan cat rambut, karbononoksida yang muncul dari asap knalpot, formaldehida sebagai cairan pengawet, hexamine yang biasanya ada di cairan korek, naftalena yaitu bahan untuk membuat kapur barur, tar untuk mengaspal jalan dan masih banyak kandungan berbahaya lainnya untuk tubuh.

Penyakit yang bisa datang dikarenakan benda kecil tersebut diantaranya adalah infeksi paru-paru, kanker mulut, kanker tenggorokan, serangan jantung, stroke, demensia dan lainnya.

Selain itu ada beberapa gangguan yang akan dirasakan gak hanya oleh si perokok, tpai juga bagi orang-orang di sekitar diantaranya yaitu:

1.Otak

Dengan kamu merokok, kamu bisa mengalami risiko terkena kanker hingga 50% loh dan hal itu bisa merusak otak dan mengalami kematian. Dengan kita merokok juga bisa mengalami aneurisma otak.

Aneurisma otak merupakan pembengkakan pembuluh darah terjadi akibat melemahnya dinding pembuluhdarah dan sewaktu-waktu bisa mengakibatkan pendarahan di otak.

2.Paru-paru

Merokok juga menyebabkan kanker paru-paru, karena banyak kandungan kimia yang berpotensi untuk merusak sel paru-paru dan akan berubak menjadi sel kanker. Penyakit lainnya yang bisa menyerang paru-paru adalah bronkitis, pneumonia dan emfisema.

3.Kulit

Orang yang merokok pasti akan lebih terlihat tua dibandingkan orang yang tidak merokok, ini disebabkan karena kurang asupan oksigen ke kulit.

Dan juga orang yang sering merokok, kulitnya cenderung akan lebih kering, wajahnya pun seperti tidak segar.

4.Menghambat aliran darah

Nikotin yang terkandung dalam sebatang rokok akan membuat darah menjadi lebih kental. Dengan begitu nutrisi, oksigen, mineral yang mengalir di darah ga bisa di serap tubuh secara optimal. Ini bakan mengakibatkan paradangan bagian luar atau organ dalam tubuh.

5.Gigi menguning

Walaupun ini bukan termasuk sebagai penyakit yang mengerikan, namun ini bisa menjadi gangguan kesehatan yang jangka panjang yaitu gigi menguning, terakdang juga sampai keropos.

6.Bahaya untuk kehamilan

Asap rokok sangatlah bahaya bagi ibu hamil, mengapa? Karena kandungan kimia yang di bawa oleh asap rokok dan kemudian diisap oelh ibu hamil bisa mengalami keguguran, selain itu ketika bayi lahir pun akan rentan mengalami asma, kelainan fisik, gangguan pertumbuhan dll.

7.Penyakit mata

Dengan merokok, kamu pun bisa terkena penyakit mata seperti glukoma, degenerasi, dan katarak.

Itulah beberapa gangguan dan penyakit berbahaya yang bisa di alami kalau terus-terusan merokok.

Jadi alangkah baiknya kalau kamu bisa mencegah itu semua dari pada mengobati! Yuk mulai sekarang kurangi merokok, itu kan demi kesahatan kamu juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *